Jadi Anak Kos dan di tugas drama yang nggak kelar-kelar. Welcome to my 5 semester!!!



"Pulang malem-malem bisa ya? nanti tetep ada PR (aka public relation) yang nganterin kok!!"



Itu kalimat pertama waktu acara latihan drama yang udah mulai malem-malem. Biasanya aku emang pamit pulang jam lima-an atau sebelum maghrib. Maklum jarak antara kampus di Magelang sama rumah di Temanggung itu lumayan jauh. Kalau pakai sepeda motor sekitar empat puluh lima menitan lah tapi kalau ngebis bisa satu jam-an. Catatan! jangan pulang terlalu malem soalnya bisa dipastiin kalau udah nggak ada bis jurusan Wonosobo-Magelang (aku biasanya sih naik itu).


Soalnya ada tugas akhir dari dosen literature buat apresiasi sastra, terpilihlah drama pentas untuk kami lakukan. Dan latihan selama empat bulan dengan mengorbankan hari-hati libur itu kini tinggal beberapa hari tepatnya tanggal dua puluh tiga september 2016. Jadilah kami latihan malam-malam buat pematangan. Sebenarnya sih pesimis banget dengan pementasan, karena asli aja para pemerannya bener-bener belum persiapan matang. Termasuk akunya sih, penjiwaan karakter kurang banget, masih sebagai jiwa aku sendiri bukan lakon yang diperankan. Belum lagi teks naskah yang ternyata belum fix. Pokoknya masalah internal banyak muncul.

Nah maka dari itu.. aku memilih ngekos aja sekalian biar nggak mau ngerepotin PRnya sih. Kasihan aja kalau harus bolak-balik Magelang-Temanggung-Magelang tiap hari tiap malem. Bisa-bisa aku disalahin kalau mereka sakit, yah... meski cowok-cowok sih. Dua minggu ngekos?? siapa takut sih?? aku cari-cari info kamar kos yang deket kampus yang masih luang dengan harga miring, lagipula aku cuma dua minggu di kos terus balik deh ke rumah lagi. Tapi ternyata nggak ketemu kos yang begitu. Penuh semua cuy!! Pada akhirnya jatuhlah pada pilihan ngekos satu kamar bareng temen. Nggak apa-apa sih. Soalnya harganya juga jadi miring hehehe...

Hari pertama ngekos sih nggak masalah, hehehe nggak tahu kenapa emang biasa aja bawaannya, mungkin emang udah biasa nginep dirumah orang kali ya... yang dulu beberapa kali baksos masa SMA, baksos waktu kuliah, pembekalanlah. Kayaknya udah puas banget. Tapi hari-hari berlanjut, Well yeah! aku ini bukan orang yang sebenarnya mau aja. Yah... bisa bilang attitude sih ya... kebiasaan lebih baiknya. Kebiasaan yang kadang baik kadang juga bikin aku bingung sendiri. Yeah! aku kurang suka kalau merepotkan orang terlalu banyak. Rikuh bahasa jawanya.

Tapi hal yang bikin aku bersyukur banget karena aku ngekos adalah.... teman-temanku yang begitu memahamiku dan mengerti diriku (cie... bahasaku). Iya, sumpah aku bener-bener senang punya teman-teman seperti kalian (peluk satu-satu). Contohnya adalah Mbak lilik yang selalu menanyakan aku sudah makan belum dan kalau belum dia nggak akan segan-segan buat nyuruh aku makan bahkan sampai nganterin aku buat beli makan di tengah hujan yang deras. Sampai kita basah-basahan dan nunggu lama hanya untuk sepotong sayap ayam. Belum sampai disitu mbak lilik bahkan sempat nganterin aku ke kos juga yang kalau buat jalan kaki emang agak lumayan jauh sih. 

Sebenarnya nggak cuma mbak lilik aja sih, masih ada beberapa teman ku yang baik luar biasa... teman satu group yang selalu heboh. Teman sekamar yang baik banget dan beberapa teman lain. Duh duh..,, ini yang bikin aku terharu (siapin tisu). 

Terus enakan mana sih menurutku antara ngekos sama ngelaju? sebenarnya sih dua-duanya ada enaknya ada nggak enaknya juga. Karena mungkin kebetulan kos yang aku tempatin kamarnya enak. (secara kamar diatas, sendiri, di depan pintu ada kamar mandi langsung, ditambah balkon lagi plus lumayan bersih dan nggak ada ibu kosnya). Selama ngekos ini sih belum ada yang bikin ngerasa nggak enak. Mungkin cuma kangen rumah aja sih, kebiasaannya dirumah sih ya!

Dan hal paling mengejutkan adalah... 
jreng!! pementasannya ambigu kapan di laksanakan.

Jatuhnya aku memilih bayar kos satu bulan deh. Nggak begitu masalah sih buat aku kalau ngekos juga. Sekali-kali coba hidup ala anak kos dong ya... buat referensi juga. Belajar irit juga. Sekalian, aku rasa sih aku malah jadi lebih rajin dua kali lipat ketimbang dirumah. Semisal aku bangun, shalat, nyuci, jemur, beberes, mandi, dll. Aku bahkan sampai takjub bagaimana aku hidup ala anak kos. Beda banget ketimbang dulu waktu aku pertama jadi anak asrama. Faktor udah gede kali ya... jadi lebih paham.

Cuman ya itu... home sweet home. Nggak ada yang lebih enak selain rumah sendirikan ya?






Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKSD

[FF Oneshoot] Really Love You...