SKSD





Uhuk!!

Aku terbatuk. Sialan! Sialan! Baru juga aku masuk lima menit, udah di tanyain kapan nyusulnya? Penting banget ya??

“Kenapa? Nggak apa-apa kan, La?” aku cuma bales pertanyaan Wina dengan senyuman terus angguk
-angguk kepala. Walau sebenarnya aku ingin sekali teriak PENTING YA?? Tapi kayaknya nggak mungkin. Ini pernikahan Wina, masak iya, aku rusak cuma gara-gara pertanyaan dia yang nyebelin ini?

“Jadi, kapan nyusul?” sialan! Wina malah balik kepertanyaan awal. Seneng banget dia bikin aku emosi.

“Kapan-kapan. Tunggu pangerannya turun dari kayangan kali” jawabku asal. Sambodo amat ama ekspresinya Wina sekarang. Pokoknya, aku harus cepet-cepet keluar dari resepsi ini sebelum di berondongi banyak pertanyaan aneh lainnya.

Ini adalah pertannyaan ‘kapan nikah?’ yang kesekian kalinya aku temui. Sebelumnya aku juga pernah dapet pertannyaan itu beberapa kali, salah satunya saat resepsi pernikahan Rio, resepsi pernikahan Ana, terus resepsi pernikahan Aidil mantan gebetanku semester satu dulu.

Aduh.... ini aku yang emang nggak peka atau mereka yang emang udah kebelet nikah sih?? Ta... tapi kan, kitanya juga baru lulus tahun lalu. Jadi yang salah nikah duluan siapa? Mereka kan? Nggak ada salahnya dong kalau aku explorasi diri dulu, mumpung masih muda dan jalan karirnya masih tebuka lebar. Kalau urusan mereka nikah cepet-cepet mah, bukan urusanku, yang jadi urusan pertanyaannya itu loh! Bikin gedeg.

Aku menghembuskan nafas lega sembari menjatuhkan tubuhku di kursi kerjaku. Setelah acara resepsi Wina, aku putuskan untuk kembali bekerja ketimbang balik ke rumah, meski aku sebenarnya udah dapet ijin kalau mau.

“Say hello, buat mbak lala yang baru balik kondangan nih!” aku menoleh dan mendapati cengiran jahil dari Dhewi, teman satu departemenku. Anaknya manis, nggak tinggi-tinggi amat, meski emang lebih tinggi dia beberapa centi, kulitnya putih, cenderung kurus ketimbang langsing, tempat sampah curhatanku dan lebih pentingnya meski dia nggak begitu care tapi jahilnya.. lumayan bisa buat aku kepengin bakar dia hidup-hidup.

Aku melengos. Malas menanggapi sapaannya.

“Idih... sensi amat neng, emang kenapa? Dapat jackpot pertanyaan ‘kapan nikah’ lagi nih?”

Kuturunkan bahuku. “Sialankan? Mereka kayaknya bener-bener pingin aku makan kali ya? Tau akunya jomblo sejak masih kuliah sampai sekarang, malah ditanya begituan”

Dhewi mengangguk-angguk sok paham, kayak benar-benar mengetahui posisiku sekarang. Nih beneran tahu nggak sih?

“Maklum lah mereka tanya begituan, umurmukan waktu kuliah satu tahun di atas mereka, terus sekarang mereka udah nikah, kamunya yang lebih tua masak belum nikah-nikah, belum dapet-dapet jodoh atau... jangan-jangan kamunya suka sesama jenis lagi.. hi... horror”

“Situ kira sini kagak normal? Sini masih normal kali kalau masalah begituan”

Dhewi nyengir dan aku malah tambah cemberut. Disaat seperti ini, nih anak nggak bisa diajak kompromi kali ya? Malah tambah bikin gedeg.

“Ya udah, kalau kamunya mau keluar dari pertannyaan kayak gitu, cari aja calon suami”

Aku menoleh padanya. “Nyari calon suami itu susah tahu. Nyari calon pacar aja, belum dapet-dapet apalagi calon suami, aduh.... kayanya tambah sulit”

“Ngapain dicari? Pakai kandidat di sekitar aja.... misalnya nih, Pak Vicky atasan kita itu, meski beliau udah berumur jauh di atas kita, tapikan beliau masih single, cakep, mapan lagi”

Ku jitak kepala Dhewi. “Ngaco! Kriteria pak Vicky pastinya juga jauh di atas kita kali, beliau itu atasan dan kita bawahannya, lagipula meski pak Vicky suka ama sini, sininya juga nolak. Jujur aja, sedikit nggak suka sama sikap beliau yang nge-pressure bawahannya terlalu keras” aku membayangkan betapa kerasnya pak Vicky pada asisten-asistennya. Beberapa dari mereka sempat ku besuk karena kena gejala tifus di tengah-tengah pekerjaan. Untung, aku bukan salah satunya, bersyukur, aku hanya karyawan di departemen lain. Meski beliau tetap atasanku.

 “Idih... sewot lagi! ya udah deh, terserah situ maunya gimana. Sini sudah ngasih solusi. Aku balik dulu ama kerjaan ya... Bye..”

Dhewi kembali pada layar komputernya dan benar-benar kembali pada pekerjaannya. Sedang aku malah jadi melamun menatap monitor yang sama sekali belum aku hidupkan.

~~~

Aku datang ke kampus saat arlojiku menunjukkan pukul setengah dua belas. Kalau bukan karena pendataan mendadak dan fotocopy ijazah legalisir habis, pastinya aku nggak akan datang lagi ke kampusku ini.

Banyak mahasiswa yang berseliweran disini, banyak diantara mereka tidak ku kenal, tapi sekelebat aku melihat beberapa mahasiswa senior yang sepertinya dulu seangkatan denganku. Apakah mereka termasuk mahasiswa abadi? Sampai tahun ini?Ya Tuhan. Betah sekali. Kalau aku sih, mending cepetin skripsi yang menyiksa batin itu terus langsung cabut. Lama-kelamaan nyusun skripsi malah bikin stress.

‘Sedang Istirahat’

Ku gembungkan pipiku. Gila! Aku udah capek-capek datang kesini dan aku lupa, kalau ini... Jam makan siang tata usaha. Aduh.. Lala... kamu pinter banget sih. Kelewat pinter malah. Kok bisa lupa? 
Ku hembuskan nafas kesal, menurunkan bahuku. Nggak mungkin pulang, lagipula kalau pulang, besok juga aku bakal tetep balik lagi ke kampus, ya udahlah, kepaksa nunggu. Males kaau besuk balik lagi.

Aku duduk di bangku depan tata usaha. Sambil terus memegang stopmap isi fotocopy-an ijazah. 


Dan...


Eh??

Seorang lelaki dengan gaya dan style formal masa kini duduk di sampingku. Dia juga membawa stopmap sama sepertiku. Mungkin juga dengan kasus yang sama dengan diriku.

“Nunggu tata usaha ya mas?”tanyaku mencoba mencairkan suasana. Abis, lorong tata usaha tiba-tiba jadi sepi gini.

Lelaki itu menoleh. Alamak!! Pukul aku sekarang!! Nie cowok ganteng amat, hampir mirip aktor Steven William. Kayaknya aku harus nyaranin dia ikutan program salah satu chanel televisi tentang lomba mirip-miripan artis itu deh. Diakan bisa jadi KW supernya si Steven versi lebih matang sih. Kalau dilihat sih, umurnya nggak terlalu jauh dariku. 20-an keatas.

“Iya”

Heleh. Singkat amat. Dingin lagi. nggak jadi deh aku naksir.

“Ngurus ijazah juga?” aduh... bibirku lancang banget sih. Kok nanya lagi? kan udah nggak mau naksir.

“Iya” idih..... singkat lagi.

“Oh.... emang lulusan tahun berapa?” dibilang kepo... kepolah gua.

“Tahun lalu”

Aku mengangguk. Tahun lalu ya?? Uhm... tunggu, berarti sama dong?? Kok aku nggak kenal ya? Wisudawan bulan apa coba? Kayaknya juga aku belum pernah liat mahasiswa seangkatan yang cakep kayak gini seliweran pas dulu kuliah deh.

“Pendataan dari kantor ya?” tanyaku iseng lagi.

“Iya, mendadak”

Aku diam, nggak ngerti harus nanya apalagi kalau jawabannya sesingkat-singkat kayak gitu. Kehabisan materi, bisa-bisa ntar kalau kebanyakan nanya di bilang kepo banget lagi. Syukur-syukur kalau cuma kepo, kalau stalker gimana coba? Idih...

Kami masih setia nunggu tata usaha buka. Nggak ada percakapan, cuma saling diam sambil liat seliwerannya anak mahasiswa bentar-bentar.

Kriet...

Seorang ibu-ibu yang ku kenal sebagai penjaga tata usaha membuka pintu.

“Eh, mbak lala!!” sapa ibu tata usaha.

Aku tersenyum, beranjak dari bangku dan berjalan mendekati beliau. Eh, aku masih di kenal toh? 

“Iya bu, ini mau minta legalisir fotocopy-an ijazah”

“Oh, okay mbak” ibu penjaga tata usaha mengambil stopmap yang kusodorkan lalu membukanya.

“Hm.. permisi bu?”

Loh? Nie mas-mas sejak kapan berdiri disampingku?

“Oh, pak Dimas? Ada apa pak?”

Eh? Apa? Pak? Bapak? Kok formal sih?

“Saya boleh menitipkan ijazah dan berkas tidak ya bu? Buat proffesor Malik nih!”

“Boleh kok pak, sini saya bawakan” ibu itu mengulurkan tangannya dan stopmap itu kini berpindah tangan.

“Nggak ada kelas pak? Kok tumben nggak mengajar?” tanya ibu itu lagi sambil meletakkan stopmapnya si mas-mas ini disamping stopmapku dan si ibu kembali membubuhkan stemple di atas fotocopy-an ijazahku.

“Sudah saya ganti hari lain, bu. Ini juga saya baru selesai ikut rapat tim pengabdian masyarakat”

Ibu itu mengangguk-angguk sambil terus membuka kertas fotocopy-anku, sedang aku cuma melongo mencuri dengar percakapan mereka.

“Pengabdian masyarakat terus pak, kapan pengabdian nyari calonnya?” canda ibu penjaga tata usaha.

Aku menelan air liurku dalam diam. Heleh, ini ibu...

“Kapan-kapa bu, kalau gitu saya pamit dulu, terimakasih sebelumnya” ujar si mas yang kayaknya namanya Dimas itu lalu pergi.

“Mbak lala! Mbak lala!”

Aku menoleh dan menemukan stopmapku sudah terulur. “Eh, uhm... makasih bu”

“Iya, sama-sama” ucap ibu tata usaha.

“Uhm... bu, boleh tanya sesuatu nggak?”

“Boleh mbak, apa?”

“Uhm... itu.. tadi si mas-mas yang berdiri disini... itu.... siapa sih bu?”

Si ibu malah seakan menahan tawa, eh? Apa yang lucu? Kan aku nanya.

“Tadi itu pak Dimas mbak, dosen baru di fakultas kita, beliau lulusan tahun lalu dari universitas di Australia, beliau baru mengajar dua bulan setelah mbak lala wisuda”

Gubrak!!

 Jadi tadi itu si mas-masnya dosen toh? Idih... meski bukan dosenku secara tidak langsung, tapikan dia tetap dosenku kan, iya kan? aduh... memalukan, mana tadi aku sok kenal gitu...

Tok tok tok.

Aku menoleh, juga ibu si penjaga tata usaha.

“Uhm... bu, ada berkas yang tertinggal”

Eh... nie si mas-mas, eh bukan, maksudku si bapak dosen ini kok balik sih? Nggak tahu apa yang disini lagi malu gegara tadi sok kenal.

Si bapak dosen itu berbalik dan tanpa sengaja mata kami beradu. Persis kayak ala-ala sinetron. Bedanya disini aku kayak lagi di intimidasi dari tatapannya padaku. Kayak ngomong, ‘mantan mahasiswi nggak usah sok kenal deh’.



Aduh, kabur!!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[FF Oneshoot] Really Love You...